Excess 2021

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) FT Unila berhasil menyelenggarakan kegiatan tahunan EXCESS 2021 pada tanggal 29-30 Mei, dengan 3 rangkaian acara yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Lomba Desain Poster dan Web Seminar Nasional dengan tema “Inovasi Sains dan Teknologi dalam Pembangunan Industri Menuju Indonesia Emas 2045” dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan, baik dalam bentuk keilmuan atau dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan negara dan kegiatan ini juga bermaksud memperkenalkan Jurusan Teknik Kimia Universitas Lampung kepada Mahasiswa Indonesia pada khususnya, serta pada masyarakat luas pada umumnya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tingkat Mahasiswa di khusukan untuk mahasiswa dari Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta se-Indonesia, lebih dari 60 tim pendaftar yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan yang lolos ke babak berikutnya (sesi presentasi) yaitu 10 tim.

Berikut adalah juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional EXCESS 2021:

  • Juara 1 diperoleh oleh David Fernando Aritonang, I Putu Wahyu Diasmika dan Heidy Sekardini dari Universitas Indonesia, dengan judul “Inspekta: Insfratuktur Sirkular Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Guna Membangun Smart Environment City”.
  • Juara 2 diperoleh oleh Rizky Putri Adelina Harahap, Umi Widi Astuti dan Rizqi Sa’adatun Nikmah dari Universitas Diponegoro, dengan judul “Membran Anti Fouling Termodifikasi Nanohybrid Polyethersulfone – Zinc Oxide (PeSZnO) untuk Pemurnian Biodiesel sebagai Alternatif Energi di Indonesia”.
  • Juara 3 diperoleh oleh Muhammad Ikhsan Ramadhani, B. Muhammad Fachrurrozy dan C. Rafles Lamartoo Singalingging dari Universitas Gadjah Mada, dengan judul “Fixed Bed Reactor Berbasis Recombinant Saccharomyces 1400 (PLNH33) dalam Teknologi Pengolahan Limbah Sekam Padi Menjadi Etanol pada Industri Pertanian”.

Lomba Desain Poster memiliki tema yaitu “Peran Generasi Muda di Bidang IPTEK dan Kebudayaan dalam Mewujudkan”. Peserta lomba ini di ikuti oleh masyarakat umum mulai dari siswa SMK, Lembaga Universitas maupun Non-Universitas.

Berikut adalah juara Lomba Desain Poster Himatemia FT Unila:

  • Juara 1 diperoleh oleh Devano Nanda Oktova Latief dari SMK Negeri 1 Nganjuk dengan judul “Bersama Mewujudkan Indonesia Emas 2045”
  • Juara 2 diperoleh oleh Venessa Ixion dari Universitas Multimedia Nusantara dengan judul “Ketertarikan Anak Muda terhadap Indonesia”
  • Juara 3 diperoleh oleh Fikri Muhammad dari Universitas Lampung dengan judul “Bangun Teknologi dan Bangun Indonesia”

Web-Seminar Nasional EXCESS 2021 bertemakan “Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan   melalui Peran Energy Terbarukan dan Teknologi Pengolahan Limbah”dengan 3 pemateri hebat kami yaitu:

  • Danni Sulaiman, S.T. dari PT. Semen Baturaja
  • Mawardi Agani dari Pertamina Geothemal Energy
  • Dr. Mitta Ratna Djuwita, SP., M.A. dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia