Dibuka Beasiswa ke Eropa untuk Pelajar ASEAN

JAKARTA – Komisi Eropa menawarkan beasiswa sarjana/pascasarjana bagi para pelajar dari negara Asia Tenggara di kampus-kampus mitra Eropa. Program ini terbuka bagi pelajar dan staf perguruan tinggi dari negara Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Mongolia, Sri Lanka, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Para pelamar bisa memilih berbagai bidang studi yang ditawarkan oleh Komisi Eropa untuk jenjang sarjana, magister, dan doktoral.

Selain menjadi warga negara dari berbagai negara tersebut, para pelamar juga tidak boleh menetap atau telah melakukan kegiatan utama seperti bekerja dan belajar selama 12 bulan berturut-turut dalam lima tahun terakhir di salah satu negara di Eropa. Pelamar juga tidak boleh sedang menerima beasiswa dari pihak lain, termasuk program yang berada di bawah proyek Erasmus Mundus, ketika melamar beasiswa AREAS ini.

Beasiswa ini akan diberikan kepada dua pelamar terpilih pada 2012 dan 2013 untuk memulai studi pada tahun yang sama. Beasiswa akan diberikan selama satu hingga 34 bulan, tergantung level dan jenis studi yang dipilih awardee. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya studi bulanan dengan rincian jenjang sarjana: 1.000 euro, magister: 1.000 euro, doktoral: 1.500 euro, Post-doktoral: 1.800 euro, staf: 2.500 euro.

Selain biaya studi, program ini juga akan memberikan biaya perjalanan penerima beasiswa, serta menyediakan asuransi kesehatan, perjalanan, dan kecelakaan selama masa studi. Program beasiswa AREAS juga menjamin para penerima beasiswa tidak harus membayar biaya apa pun selama menempuh studi di kampus masing-masing. Awardee akan tetap membayar biaya pendidikan di kampus asal.

Syarat untuk melamar beasiswa ini adalah memiliki kualifikasi akademik yang baik, ditunjukkan dengan bukti transkrip dan gelar akademik. Pelamar juga harus melampirkan proposal rencana studi atau pengalaman bekerja. Kemampuan berbahasa calon pelamar harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan program. Berkas lamaran juga dilengkapi dengan esai motivasi dan surat rekomendasi.

Lamaran beasiswa dilakukan secara online dan ditutup pada 30 November 2012. Informasi lengkap bisa disimak di laman ini. (rfa)

Sumber: Okezone