Tim Mahasiswa Tekim Unila Juara Umum IFDC-INDFEST 2012

(Unila) Mahasiswa  Jurusan  Teknik Kimia Unila kembali mencetak prestasi membanggakan di tingkat nasional pada acara Industrial Festival (INDFEST) 2012 yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas Padang. Pada sub-acara Indonesian Factory Design Competition (IFDC) dua tim delegasi yang mengikuti acara tersebut berhasil mengangkat trofi Juara I dan Juara III. Tim Koneksi yang beranggotakan tiga orang mahasiswa Teknik Kimia, yaitu Oky Satria Nugraha (’08), Iffah Fitria (’08), dan Alfi Mardiahnur Ramadanti (‘08), serta satu orang mahasiswa Teknik Mesin Dimas Kusuma Putra (’08) berhasil mendapatkan Juara I. Sedangkan, Tim Teknik Kimia yang keempat anggotanya adalah mahasiswa Teknik Kimia, yaitu Reo Aditya Mahesa (’08), Rido Nicolas (’08), Ricky Alexander (’08), dan Ardy Kristianto (’08) berhasil mendapatkan juara III. Adapun untuk Juara II berhasil direbut mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya.

Indonesia Factory Design Competition (IFDC) adalah salah satu rangkaian acara Industrial Festival 2012 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiwa Teknik Industri Universitas Andalas. IFDC adalah kompetisi perancangan pabrik tingkat nasional. IFDC pada tahun 2012 ini mengusung tema “Green Factory for A Better Future”. Acara Grand final dilaksanakan pada 4 Mei 2012 di Aula Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Univesitas Andalas’

Grand Final IFDC yang dilaksanakan pada awal Mei lalu diikuti oleh 8 tim dari PTN dan PTS dari seluruh Indonesia setelah lulus seleksi pada tahap penilaian proposal. Tim Koneksi mengusung judul proposal “Prarancangan Pabrik Sodium Alginate dari Alga Cokelat (Sargassum sp) Kapasitas 30.000 Ton/Tahun)”. Tim lainnya, yaitu Teknik Kimia mengusung judul proposal “Prarancangan Pabrik Sodium Phenolate Dari Phenol dan Sodium Hydroxide dengan Kapasitas 3.000 Ton/Tahun”.

Melalui persaingan yang cukup ketat di Grand Final, Tim koneksi mampu merebut juara I mengalahkan tim dari Universitas Surabaya yang mendapatkan Juara II. Sedangkan Tim Teknik Kimia juga dengan membanggakan mampu merebut Juara III. Dengan kemenangan dua tim ini, Tim Dari Teknik Kimia Unila menjadi Juara Umum.

Prestasi yang berhasil diraih adalah awal yang baik untuk Jurusan Teknik Kimia kedepannya. Diharapkan keberhasilan ini dapat mengangkat percaya diri mahasiswa Teknik Kimia, bahwa kami mampu bersaing dengan PTN/PTS lain di seluruh Indonesia dengan prinsip “semakin padi berisi semakin merunduk”.