Unila Siapkan 1.700 Pengawas UN

(Unila) : Universitas Lampung (Unila) menyiapkan 1.700-an tenaga pengawas untuk mengawal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Lampung pertengahan April mendatang.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin mengatakan, tenaga pengawas sebagian besar bersumber dari Dosen Unila ditambah beberapa tenaga pendidik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lampung lainnya.

Pihaknya menilai, jumlah pengawas UN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tenaga pengawas di tahun-tahun sebelumnya. “Lebih kurang 1.700 tenaga pengawas akan kita siapkan untuk mengawal UN April mendatang. Pengawas dari PTN merupakan pengawas tingkat satuan pendidikan dan bukan pengawas kelas,” ujarnya, Minggu (24/3).

Diutarakan Hasriadi, pelaksanaan UN tahun ini lebih ketat. Selain menggunakan 20 paket soal dan menggunakan sistem barcode pada penomoran paket soal, Standar Operasional Prosedur (SOP) UN tahun ini telah memuat sanksi jika terjadi pelanggaran UN. Hal ini merupakan salah satu hal baru jika dibandingkan dengan pelaksanaan UN tahun sebelumnya.

Berdasarkan standar operasional prosedur UN tahun 2013 yang dicetak Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Lampung, pelaksanaan UN untuk tingkat SMA sederajat akan diselenggarakan pada 15-18 April dan  SMP sederajat 22-25 April. Dalam pelaksanaannya, pihak perguruan tinggi diberikan kewenangan melakukan pengawasan mulai dari UN SMA/SMK hingga jenjang SMP.

Berdasarkan data sementara Dinas Pendidikan Provinsi Lampung peserta UN di Lampung mencapai 365.085 peserta. Jumlah itu berasal dari 7.954 sekolah, baik tingkat SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, hingga SMA/SMK/MA/SMALB, yang tersebar di 14 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Untuk SD/MI/SLB jumlah peserta tahun ini mencapai 154.106 siswa dari 5.297 sekolah. Untuk SMP/MTs/SMPLB jumlah peserta mencapai 121.628 siswa dari 2.021 sekolah. Sementara untuk tingkat SMA/MA/SMALB jumlah peserta UN mencapai 52.815 siswa dari 318 sekolah, dan SMK mencapai 29.405 dari 318 sekolah.[] Mutiara

www.unila.ac.id.